Berkomputer Sehat, Hindari RSI

Seringkali berbagai keperluan telah membuat kita harus berhadapan dengan computer dalam wasktu yang sangat lama, entah itu untuk belajar, mengerjakan tugas, bermain games, menonton film, bekerja atau lainnya. Namun, selama ini sudahkah kita berkomputer dengan sehat??

Yang dimasksud berkomputer sehat disini adalah menggunakan komputer dengan mempertimbangkan kesehatan kerja kita sebagai user. Komputer memang membantu kita dalam menyelesaikan berbagai keperluan, tapi dibalik itu semua apakah tidak ada dampak negastif yang kita terimas? Terlebih lagi dengan jam terbang kita di depan komputer yang tidak sebentar. Kesehatan kerja memang dipengaruhi oleh banyak faktor, tapi pengaruh computer terhadap gangguan kesehatanpun tidaklah sedikit.

Tak bisa dipungkiri, kegitan kita didepan computer dengan intensitas tinggi dan berulang-ulang dapat memicu terjadinya RSI.

jk

RSI itu sendiri merupakan singkatan dari Repetitive Strain Injuries. RSI ini adalah istilah yang digunakan untuk  cedera atau kerusakan yang terjadi pada otot atau jaringan syaraf tubuh lainnya karena melakukan sesuatu secara berulang-ulang dan berlangsung selama bertahun-tahun. Sehingga hal ini menyebabkan nyeri pada otot-otot dan jaringan syaraf yang terkait, dan dalam waktu lama, dapat menyebabkan cacat. Gejala awal RSI dapat muncul pada berbagai tempat dari pangkal lengan hingga ke ujung tangan. Gejala yang menjadi tanda peringatan menyangkut :

  •  Kesulitan membuka dan menutup tangan
  • Otot tangan terasa kaku ( misalnya hingga kesulitan mengancing baju )
  • Kesulitan menggunakan tangan (untuk membalik halaman buku, memutar tombol, memegang mug)
  • Bangun dengan rasa sakit di pergelangan tangan atau mati rasa di tangan, terutama di awal pagi hari
  • Tangan terasa dingin
  •  Tangan gemetar ( Tremor )
  • Tangan terasa canggung, bergetar atau bahkan mati rasa

Faktor penyebab RSI

Beberapa faktor yang paling umum adalah penggunaan keyboard dan mouse komputer selama berjam-jam atau bekerja didepan komputer yang tidak tertata dengan benar. Atau menggunakan alat musik seperti gitar atau piano yang dilakukan secara terus menerus. Namun ada juga faktor-faktor lain yang tidak terlalu nyata. Misalnya, memiliki kuku-kuku yang panjang yang berarti kondisi Anda mengetik dengan jari-jari yang rata dimana semestinya Anda mengetik dengan jari-jari yang melengkung.

Untitled

Tip Mengatasi RSI

Menghentikan Pekerjaan.

Hentikan yang sedang Anda kerjakan begitu Anda merasa sakit, karena kebanyakan penderita RSI sebetulnya menyadari ketika mereka mulai merasa sakit.

Posisi tangan

Jangan sampai pergelangan tangan terbebani dengan berat tangan Anda. Sudah harus mengetik, masih dibebani lagi dengan beban tambahan.

Posisi tubuh ideal

Lutut kaki membentuk posisi 90 derajat, punggung tersandar di sandaran kursi, tangan tertopang sampai siku, monitor berada di ketinggian yang sama dengan mata Anda.

Olahraga

Ini dapat sangat membantu Anda. Tidak berarti Anda harus ikut fitness, cukup berdiri dan berjalan2 sedikit sambil melemaskan pergelangan tangan, – yang penting hanyalah bahwa Anda melakukannya secara rutin.

Untuk mouse
Solusi paling jitu untuk mengatasi rasa sakit karena menggunakan mouse adalah dengan memanfaatkan tangan kanan dan kiri untuk menggunakan mouse. Memang akan butuh waktu beberapa hari untuk membiasakannya.

Untuk keyboard
Gunakan layout 
keyboard Dvorak yang bisa membantu para penderita RSI karena layout tombol-tombolnya lebih nyaman diakses daripada layout standar. Anda bisa merubah seting Windows/Linux agar bisa meggunakan layout ini.

credit:

http://ruzzm4n.wordpress.com/2007/06/28/repetitive-strain-injury-rsi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s