Pengolahan Citra

[Image Processing]

Pengertian Pengolahan Citra

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengolahan itu sendiri memiliki arti ‘proses, perbuatan, cara mengolah atau mengusahakan sesuatu supaya menjadi lain atau menjadi lebih sempurna’ sedangkan citra memiliki arti ‘rupa, gambar, gambaran’. Jadi, pengolahan citra adalah suatu proses yang dilakukan guna meningkatkan kualitas gambar sehingga gambar menjadi lebih sempurna dan dapat diinterpretasikan oleh manusia atau komputer.

Operasi pengolahan citra

Berdasarkan tujuannya, operasi pengolahan citra dibedakan menjadi 2,yaitu peningkatan kualitas citra (image enhancement) dan pemulihan citra (image restoration). Peningkatan citra adalah proses yang dilakukan untuk tujuan mengubah kualitas citra agar terlihat lebih baik pada fitur tertentu, sedangkan pemulihan citra bertujuan untuk mengembalikan kondisi citra pada kondisi citra yang diketahui sebelumnya akibat adanya penggaggu yang menyebabkan penurunan kualitas citra.

  • Perbaikan kualitas citra
  • Perbaikan kontras,
  • Perbaikan tepian objek,
  • Penajaman citra
  • Pemberian warna semu, dan
  • Penipisan noice.
  • Pemugaran citra
  • Debluring, menghilangkan blur,
  • Penghilangan noice,
  • Pendeteksian tepi obyek
  • Ekstraksi batas

 Berdasarkan cakupan operasi yang dilakukan, pengolahan citra dibagi menjadi operasi titik, operasi area, dan operasi global. Baik operasi titik, area, maupun global, ketiganya dilakukan terhadap setiap piksel pada citra namun yang menentukan output yang dihasilkan berbeda.

Operasi titik -> keluarannya hanya ditentukan oleh nilai piksel itu sendiri.

Operasi area -> keluarannya tidak hanya dipengaruhi piksel tersebut melainkan dipengaruhi oleh piksel lainnya dalam suatu area.

Operasi global, keluarannya ditentukan oleh keseluruhan piksel yang membentuk citra.

Jenis Gambar

  • Vektor

Vektor adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk, garis, dan bagian lain. Gambar vector adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang akan membentuk suatu objek atau gambar. ukuran gambar vektor relatif kecil dan kualitasnya tetap jika diubah ukurannya. Contoh file vektor adalah .wmf, .swf, .cdr, .ai. Penggunaan vektor banyak dlam memuat logo, animasi, ilustrasi, kartun, clipart, dan lainnya.

  • Raster/bitmap

Gambar bitmap terdiri dari sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri yang membentuk sebuah gambar. Kata bitmap memiliki terjemahan bebas yaitu pemetaan bit yang artinya pemetaan nilai intensitas piksel dalam citra kedalam sejumlah bit tertentu. Gambar bitmap bisa pecah bila ukurannya dipaksa diperbesar. Conoth file bitmap adalah .bmp, .jpg, .gif.

http://id.wikipedia.org/wiki/Pengolahan_citra

http://bernadetastmik.wordpress.com/pengolahan-citra/

http://riezhent.wordpress.com/2013/01/11/pengertian-gambar-bitmap-dan-vektor/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s