Expert Sytem [ES]

Expert System [ES] – Sistem Pakar

Kepakaran adalah pengetahuan yang ekstensif dan spesifik yang diperoleh melalui rangkaian pelatihan, membaca, dan pengalaman. Sistem adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaian sehingga membentuk suatu totalitas. Jadi, sistem pakar adalah suatu perangkat unsur yang terhubung membentuk suatu totalitas yang melalui rangkaian pelatihan dapat memiliki pengetahuan ekstensif dan spesifik. Maksudnya adalah sistem pakar ini mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer shingga dapat menyelesaikan masalah sperti yang bisa dilakukan oleh para ahli.
Sistem pakar ini dibuat untuk mendaftarkan keahlian yang dimiliki pakar ke dalam komputer dan kepada orang lain. Untuk itu, diperlukan aplikasi sebagai berikut, antara lain knowledge acquisition, knowledge inferenceing, knowledge transfering.

Komponen utama Sistem Pakar

Komponen utama sitem pakar terbagi kedalam dua komponen, yaitu knowledge base yang berisi pengetahuan sistem pakar dan inference engine yang menggambarkan kesimpulan yang dihasilkan sistem pakar. Basis pengetahuan tersusun atas 2 elemen dasar, yaitu fakta dan aturan.

 

Keuntungan sistem pakar:

  1. memungkinkan oran gawam bisa mengerjakan para ahli
  2. bisa melakukan proses berualgn secara otomatis
  3. menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar
  4. meningkatkan output dan produktivitas
  5. meningkatkan kualitas
  6. mampu mengambil dan melestarikan keahlian para pakar
  7. mampu beroperasi dlaam lingkuangn berbahaya
  8. mamiliki kemampuan untuk mengakses pengetahuan
  9. memiliki realibilitas
  10. meingkatkan kapabilitas sistem komputer
  11. memiliki kemampuan untuk bekerja dengan informasi yagn tidak lengkap dan mengandung ketidakpastian
  12. sebagai meida pelengkap dalam pelatihan
  13. menignkatkan kapabilitas dlaam penyelesaian masalah
  14. menghemat waktu dalam pengambilan keputusan pemecahan masalah

Kelemahan sistem pakar:

  1. biaya yang diperlukan utnuk emmbuat dan memeliharanya sangat mahal
  2. sulit dikembangkan
  3. sistem pakar tidak 100% bernilai benar.

Beberapa sistem pakar yagn terkenal

  • MYCIN

Mycin adalah awal sistem pakar yang dikembangkan pada awal tahun 1970 di Stanford University selama 5 atau 6 tahun. Mycin ditulis dalam Lisp untuk disertasi doktor Edward Shorliffe di bawah bimibngan Bruse Buchanan, Stanley N. Cohen, dan lainnya. Mycin dioperasikan menggunakan mesin cukup sederhana dengan basis pengetahuan sebanyak 600 aturan. Mycin membantu dokter mengidentifikasi pasien dengan memasukkan data pasien, kemudian Mycin akan mendiagnosa serta merekomendasikan obat bagi pasien tersebut.

  • DENDRAL

Dendral adalah program untuk menentukan struktur molekul dari material yagn tidak diketahui dengan menganalisis data yagn dihasilkan oleh mass spectographs, resonansi magnetik nuklir dan teknik lainnya. Proyek yang dimulai sejak pertengahan tahun 1960 hingga tahun 1970 ini melibatkan sebuah tim ilmuan besar dari Stanford University. Proyek ini terdiri dari 2 penelitian program utama, yaitu Heuristik-Dendral yagn menggunakan spektrum massa atau data eksperimen lain bersama dengan basis pengetahuan kimi, dan Meta-Dendral aygn menerima himpunan struktur kimia dan mengusulkan seperangkat aturan spektrometri yang berkorelasi fitur struktural dnegan proses yagn menghasilkan spektrum masa.

  • Prospector, Program ini diharapakn dapat membantu menemukan lokasi yang mengandung bahan tambang., menegetahui apakah suatu daerah mengandugn bahan tambang, dan merekomendasikan kelyakan lokasi tambang untuk diekslplorasi
  • XCON(R1)

Ini adalah sebuah sistem produksi berbasis aturan yang ditulis dalam OPS untuk membantu dalam pemsanan DEC sistem komputer degnan secara otomatis memilih komponen sistem berbasis komputer pada kebutuhan pelanggan.

 

 

http://note-why.blogspot.com/2012/09/pengertian-sistem-pakar.html

http://eziekim.wordpress.com/2011/03/15/sistem-pakar/

http://adityaadiyatma.wordpress.com/2012/10/

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s