Teknologi Informasi

Saat ini perkembangan teknologi informasi sangat cepat hingga memungkinkan pertukaran informasi dapat dilakukan dalam waktu singkat meski terpisah jarak yang jauh. Hal ini sejalan dengan tujuan Teknologi Informasi yang memang ditujukan agar dapat membantu kegiatan manusia dalam membuat hingga menyebarluaskan informasi.

Sebenarnya, teknologi itu sendiri berasal dari bahasa perancis yakni “la teknique” yang artinya adalah “semua sistem yang dikerjakan didalam usaha untuk mewujudkan suatu hal dengan rasional”. Sedangkan informasi berasal dari bahasa perancis kuno, informacion, yang diambil dari bahasa Latin, informationem, yang berarti ‘garis besar, konsep, ide’.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia,

teknologi adalah kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta yang berdasarkan proses teknis; ilmu teknik;

informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu.

Jadi, Teknologi Informasi atau yang dalam bahasa Inggrisnya adalah Information Technologi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sarana yang dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi.

Di dalam Teknologi Informasi mencakup berbagai bidang, diantaranya perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program dan data konstruksi.

Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.

TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer danDatabase informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan .

Credit:

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

One thought on “Teknologi Informasi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s